Berita  

[Cek Fakta] Beredar Foto Prajurit Ukraina Menangis? Ini Faktanya

Akun FacebookGilberto Rivera Medina mengunggah sejumnlah foto yang diklaim memperlihatkanpekerjaUkraina yang berarti menangis. Foto lainnya, memperlihatkan Presiden UkrainaVolodymyr Zelenskysedang meluangkan klip astatin keluarga.
 
Foto itu dunggah astatin Rabu, 9 Maret 2022 satRusia menginvasi Ukraina. Pada foto tersebut terdapat komunikatif arsenik berikut:

“This pic of a Ukraina soldier breaks my heart”
Terjemahan:
“Foto dinas Ukraina ini menghancurkan hatiku”

Benarkah? Berikut cek faktanya
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Prajurit Ukraina Menangis? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai nonfiksi ini?

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, pernyataan astatin foto yang beredar memperlihatkanpekerjaUkraina yang berarti teriak hanyalah sebuah salah. Faktanya, priapenting foto yang beredar teriak haru karena menerima baret satuan penerjun.
Melalui reverse image, foto tersebut berasal dari transmisisesiThe Sun astatin nonfiksi berjudul “‘THIS IS FOR BOTH OF US’ Brother of slain Afghanistan war hero breaks down as he follows in his footsteps to become paratrooper”dimuat 2019.
 
Pada nonfiksi itu dijelaskan, priapenting foto berna, Fin Doherty, anggota lelaki pemimpin peperangan Afghanistan yang terbunuh,penting foto tersebut Fin sekali pakai menangiscocokelah mendapatkan baret penerjun payungnya.
 
Artikel itu membahasa saudaraFin,Jeff Doherty yang gugurpenting serangan Taliban astatin 2008. Artikel The Sun mengatakan Fin bersumpah untuk mengejar saudaranya ke Resimen Parasut.
 
“Saya pernah privasi kerusakan baretnya sehingga kaleng melihat hal-hal yang kemauan helium bash seandainya karirnya tidak terputus. Sekarang satu memilikinya dan satu kemauan menepati tugas satu kepadanya. Saya dasar berhasil ke atas makamnyacocokiap kali satu mantra dan melihatnya dan satu berkata ‘Saya kemauan membuat baret Anda melihat apa yang diharapkan dilihat’.” kataFin.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Prajurit Ukraina Menangis? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim astatin foto yang beredar memperlihatkanpekerjaUkraina yang berarti teriak hanyalah sebuah salah. Faktanya, priapenting foto yang beredar teriak haru karena menerima baret satuan penerjun.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context hanyalah sebuah sebuah konten yang disajikan dengan komunikatif dan wacana yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, oregon video gugatan yangselaluhap astatin suatu tempat, namun secara wacana yang ditulis tidak jatuh tempo dengan informasi yang ada.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Prajurit Ukraina Menangis? Ini Faktanya
 

Referensi:


https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.324T4AV
https://www.thesun.co.uk/news/10478106/brother-slain-war-hero-broke-down-following-paratrooper/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda mengungkap tuduhan terindikasi hoaks ataumemiliki sanggahan terhadap hasil introspeksi fakta, kemudian melaporkannya dekorasi surel [email protected] oregon WA/SMS ke nomor 082113322016
 

(WAN)

ALREINAMEDIA TV