Berita  

Pemilu Semakin Dekat, Ketua KPU Ingin Kesatuan Indonesia Tetap Terjaga

Pemilihan Umum (Pemilu) semakin dekat. Partai politik juga mulai beralih memanaskan semangat para pendukungnya di Indonesia. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan ada tantangan besar yang akan terjadi di Indonesia mulai dari 2023. Hasyim mengatakan pihaknya telah mempelajari banyak kejadian terkait pergerakan politik di berbagai negara. Beberapa diantaranya merupakan Uni Soviet, Yugoslavia serta Uni Eropa. 

Dia mengatakan Uni Soviet dan Yugoslavia awalnya negara yang kental dengan etnis. Namun, pergerakan politik menimbulkan perpecahan ketika masuk ke dalam ranah etnik dua negara itu. Perpecahan itu membikin dua negara tersebut terbagi menjadi beberapa wilayah. Sementara itu, beberapa daerah dan kerajaan di Eropa Barat malah dapat menjadi erat karena pergerakan politik. Mereka bergabung karena mempunyai visi dan misi yang sama dan menjadi Uni Eropa.

Pelajaran dari berbagai negara ini yang digunakan KPU untuk melewati tantangan politik di Indonesia mulai dari 2023. Hasyim tak mau ada perpecahan di Indonesia seperti Yugoslavia dan Uni Soviet. Dia mau KPU dapat mengatur panas politik di Indonesia seperti yang terjadi di Uni Eropa. Sehingga persatuan di Indonesia dapat semakin erat untuk mencapai tujuan bangsa.

Hai, Sobat Medcom.id! Kalau anda punya video peristiwa menarik dapat mengirimkannya ke [email protected].

(ARV)

ALREINAMEDIA TV